Close

February 7, 2019

Tulisan Pertama Blogger Tangerang Selatan

blogpost tangerang selatan

Pada tulisan pertama ini mimin BloggerTangsel.com mengucap syukur alhamdulillah karena selalu dilimpahkan rezeki yang tidak terhingga banyaknya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karena tanpa seizin-Nya tulisan ini tidak akan terbit sebagaimana mestinya.

Jadi pertama-tama saya ingin bercerita mengenai sedikit pengalaman saat  menghadiri acara sharing session Komunitas Blogger Jakarta X Dewaweb pada hari Sabtu, 26 Januari 2019 lalu. Sebuah agenda bulanan Komunitas Blogger Jakarta dan sepanjang tahun 2019 agenda rutin diselenggarakan di coworking space Ruang & Tempo.

Nah…bagi teman-teman yang tertarik untuk mengenal lebih jauh mengenai blogging, freelancer, media sosial, website, SEO dan printilan-printilan lainnya, saya sangat rekomen banget untuk bisa mengikuti event ini di bulan berikutnya, apalagi acara ini tidak dipungut biaya alias gratis!

Beberapa benefit yang akan didapatkan diantaranya :

  • Ilmu, teknik dan pengetahuan baru
  • Networking
  • Mendapatkan jodoh (jika beruntung)
  • Merchandise dan hadiah menarik lainnya. Keren kan!

Sharing session di awal tahun 2019 ini mengangkat tema tentang Step by step Blogger Profesional yang disampaikan oleh Robit Mikrojul Huda, ketua Komunitas Blogger Jakarta periode 2017 – 2018.

Sharing Session Komunitas Blogger Jakarta

Sharing Session Komunitas Blogger Jakarta

Dalam kesempatan tersebut Robit menyampaikan bahwa menjadi Blogger Profesional tidaklah mudah, jadi selain harus memiliki skill menulis memadai, blogger juga harus memiliki personal branding yang baikdi media sosial.

Setelah mengikuti acara yang dibagi menjadi 2 sesi tersebut akhirnya saya bisa menyimpulkan beberapa poin penting yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang Blogger Profesional diantaranya :

  1. Memiliki kemampuan menulis story telling yang baik.
  2. Memiliki niche blog yang otentik/ tidak gado-gado.
  3. Mendesain blog dengan estetika yang baik (memilih nama domain, tema, pengaturan tampilan dll).
  4. Bergabung dalam Komunitas Blogger, salah satunya Komunitas Blogger Jakarta.
  5. Membangun Personal Branding melalui blog dan media sosial.
  6. Membuat ratecard untuk kerjasama dengan brand.

Mungkin nanti kalau lagi gabut akan saya tuliskan detilnya satu persatu di postingan berikutnya.


Awal lahirnya Bloggertangsel.com

Waktu sudah menunjukkan pukul 16.30 wib yang artinya sharing session hari ini sudah sampai di penghujung acara dan MC pun mulai mengumumkan daftar peserta beruntung yang berhasil memenangkan lomba live tweet dan instagram story selama acara berlangsung.

…Seketika nama saya pun di sebut.

Antara percaya atau tidak, ternyata saya adalah salah satu orang beruntung tersebut. Setiap pemenang berhak mendapatkan merchandise menarik dan tambahan berupa web hosting terbaik dari sponsor. Yeay…

Setelah menerima hadiah lomba live tweet secara simbolis selanjutnya acara ditutup dengan membagikan merchandise yang sudah disiapkan panitia kepada setiap peserta.

Di perjalanan pulang saya sambil mikir, nantinya mau dimanfaatkan untuk apa lagi ya hadiah hosting ini? waktu itu masih belum mendapatkan gambaran.

Namun setelah mampir di warung makan mie ayam langganan di sekitar Graha Bintaro, tiba-tiba kepikiran untuk menggunakan nama domain bloggertangsel.com, mengingat saya juga sudah cukup lama tinggal di daerah Tangerang Selatan.

…Ternyata ini yang namanya The Power of Weteng Wareg #IsoMikir

Gimana menurutmu gaes, apik ora nama domain tersebut?

Walaupun saya sudah memiliki blog pribadi yang sudah tersemat di platform blogger (blogspot) dan sekarang jadi nambah 1 lagi nih. Memiliki tambahan satu blog lagi di platform wordpress (self hosting) saya rasa tidak ada salahnya toh tidak akan menyita waktu yang saya miliki.

Saya juga tidak memasang target muluk-muluk harus update postingan setiap satu minggu sekali, karena saya tahu berat biar dilan saja kapasitas saya yang hanya seorang blogger weekend dan saya juga memiliki beberapa kesibukan lain di dunia nyata yang wajib terpenuhi.

Kedepannya bloggertangsel.com ini akan saya isi dengan konten-konten ringan saja dan saking ringannya paling tidak satu postingan hanya ada 150 kata saja…hahaha kacau.

Sebenarnya saya juga belum kepikiran mau nulis apaan nantinya di blog ini, tapi berharap semua tulisan yang di posting disini tidak ada yang baca, mengingat umur blog juga belum genap 24 jam jadi saya yakin memang belum ada pembacanya :p

Jadi untuk warganet tertjinta ditunggu saja ya postingan berikutnya dari bloggertangsel.com ini.

Terima kasih telah buang-buang waktu membaca tulisan ini dan semoga dapat pencerahan 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *